Preview Swiss vs Kosta Rika: Modal Benteng Tangguh

Preview Swiss vs Kosta Rika: Modal Benteng Tangguh

Agen bola online _ NIZHNY NOVGOROD – Swiss dan Kosta Rika saling berhadapan paga laga terakhir penyisihan Grup E Piala Dunia 2018. Swiss percaya diri bisa memenangkan laga yang berlangsung di Nizhny Novgorod Stadium, Kamis (28/6/2018) pukul 01.00 WIB.

Sejatinya bermain imbang sudah cukup bagi Swiss untuk memastikan tempat di babak 16 besar. Sementara itu Kosta Rika sudah dipastikan tersingkir karena kalah dalam dua pertandingan terakhir saat menghadapi Brasil dan Serbia.
Baca juga : Preview Meksiko vs Swedia: El Tri Cuma Butuh Imbang
Strategi Swiss dalam laga nanti bisa dikatakan lebih unggul dibanding lawannya tersebut. Hal itu bisa dilihat dari dua pertandingan terakhir mereka. Pertahanan mereka sangat kuat namun di sisi lain sangat mematikan ketika melakukan serangan. Itu terbukti saat mereka mampu menahang imbang tim kuat Brasil di pertandingan perdana Grup E.

Mereka hanya kemasukan satu gol meski di pertandingan tersebut Brasil mempunyai empat peluang yang tepat mengenai sasaran. Hal itu berbanding terbalik dengan Kosta Rika yang dalam dua pertandingan terakir melawan Brasil dan Serbia. Mereka tak melesakan satu gol di laga tersebut. Bisa jadi mereka juga tak akan bisa membongkar lini pertahanan Swiss yang terkenal sangat kuat dan rapat.

Satu-satunya masalah kecil di skuat Swiss adalah saat ini mereka diterpa isu sedang membuat gejolak politik di antara Serbia dan Kosovo. Pasalnya ketika menang 2-1 atas Serbia, dua pencetak gol Swiss, Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka membuat selebrasi provokatif terhadap Serbia.

Kedua pemain ini mewakili etnis Kosovo-Albania. Mereka membuat simbol bendera Albania dengan menggunakan jari tangan mereka. Shaqiri lahir di Kosovo, bekas provinsi Serbia yang mendeklarasikan kemerdekaan pada 2008.

Serbia tidak mengakui kemerdekaan dan hubungan dengan Kosovo tetap tegang hingga saat ini. Sementara itu, orangtua Xhaka berasal dari Kosovo dan Albania. Sementara saudaranya bermain untuk tim nasional Albania.

Namun, dugaan provokatif tersebut langsung ditepis bek Swiss Michael Lang. Dia menyebutkan bahwa hal itu hanya ingin memecah konstentrasi timnya.

“Semangat tim kami telah menjadi lebih baik. Kami kelompok. Kami berdiri bersama. Masalah ini tidak mengubah apa pun. Kami memiliki atmosfer yang luar biasa di seluruh kualifikasi untuk Piala Dunia ini. Jika ada dari kami yang membuat kesalahan di dalam atau di luar lapangan, kami akan membantunya untuk mengatasinya.”

Di sisi lain bagi Kosta Rika, pertandingan itu hanya mewakili sedikit peluang untuk pulang dengan kebanggaan, Mereka tentunya tidak ingin balik ke kampung halaman dengan tangan kosong. Pemain bek tengah Johnny Acosta berharap untuk melakukan hal itu mengingat mereka tetap didukung oleh suporter setianya yang menyaksikan pertandingan di Stadion.

“Ini pertandingan yang harus kami hadapi dengan segalanya dan di atas segalanya. Kita harus mencoba untuk mendapatkan hasil sehingga kita bisa pergi dari sini dengan bermartabat, dengan kemenangan,” beber Acosta.

Perkiraan Pemain
Swiss (4-2-3-1)
: Yann Sommer; Stephan Lichtsteiner, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Valon Behrami, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Blerim Dzemaili, Steven Zuber; Mario Gavranovic.
Pelatih: Vladimir Petkovic

Kosta Rika (3-4-2-1): Keylor Navas; Johnny Acosta, Giancarlo Gonzalez, Oscar Duarte, Bryan Oviedo, Cristian Gamboa; Celso Borges, David Guzman, Bryan Ruiz, Christian Bolanos; Marco Urena.
Pelatih: Oscar Ramirez

Pertemuan terakhir
02/06/2010 Persahabatan Swiss vs Kosta Rika  0-1
07/09/2006 Persahabatan Swiss vs Kosta Rika  2-0