Preview Prancis vs Belanda: Jaga Muruah Jawara Dunia

Preview Prancis vs Belanda: Jaga Muruah Jawara Dunia

Agen bola online _ PARIS – Prancis akan menjamu Belanda pada pertandingan Liga Bangsa-Bangsa UEFA (UEFA Nation League) Divisi A Grup 1 di Stade de France, Senin (10/9/2018) pukul 01.45 WIB. Les Bleus -julukan Prancis- diunggulkan di laga itu.

Sang juara Piala Dunia 2018, Prancis, belum menemukan performa terbaiknya jelang laga ini. Pemainan cepat nan indah yang mereka tunjukan ketika tampil di Piala Dunia tidak terlihat saat  menghadapi Jerman di laga pembuka UEFA Nation League. Tapi, berkat memiliki mental baja sebagai juara dunia, mereka mampu menahan imbang 0-0 Jerman di Allianz Arena.
Baca juga : Menanti Kejutan Skuad Oranje di Stadion Stade de France
Di kompetisi ini, skuat Prancis tak banyak berubah ketika tampil di Piala Dunia. Perjalanan mereka ke Jerman menunjukkan tim sangat mirip dengan yang mengangkat trofi Piala Dunia, dengan pengecualian utama yang menonjol adalah kiper Alphonse Areola mewakili Hugo Lloris yang cedera.

Hebatnya, Aerola mampu mengemban tugasnya dengan baik. Dia tampil cemerlang ketika menghadapi Jerman dengan melakukan enam penyelamatan penting.

Menjamu Belanda, bintang Prancis, Paul Pogba mengatakan bahwa timnya bertekad mengunci kemenangan guna membuka peluang lolos ke tahap selanjutnya terbuka lebar. Kemenangan juga akan menjaga muruah (harga diri) Prancis sebagai juara dunia.

“Kami ingin kembali ke jalur kemenangan, tetapi saya pikir kami belum siap, baik secara fisik maupun mental. Ini tidak semudah mengikuti penampilan mentereng kami di Piala Dunia,” katanya.

“Kami cepat kembali bekerja, kami akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih. Tapi itulah sepak bola, kami harus beralih ke hal lain dan menemukan tantangan baru.”

Prancis di atas kertas diunggulkan di laga ini. Sebab mereka memiliki catatan yang cukup mentereng setiap kali berjumpa Belanda. Teranyar mereka dua kali (tandang-kandang) menang atas lawannya tersebut di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup A.

Namun, Belanda juga tetap memiliki peluang di laga ini. Setelah mengalami penurunan besar dalam kekalahan final Piala Dunia 2010 dari Spanyol serta gagal lolos ke dua turnamen internasional terakhir (termasuk gagal mentas di Piala Dunia 2018), Belanda telah menunjukkan tanda-tanda kembali ke masa kejayaan dalam  beberapa bulan terakhir.

Pelatih anyar Ronald Koeman mampu memaksimalkan skuat muda minim pengalaman. Dalam lima laga yang sudah dia lakoni, Belanda hanya menelan satu kekalahan, dua menang dan dua seri. “Ketika Anda menjabat sebagai pelatih baru, lalu ingin meningkatkan performa tim, Anda harus bermain melawan negara-negara yang kuat,” kata Koeman.

“Prancis adalah juara dunia karena suatu alasan, yang memainkan sepak bola yang hebat atau indah. Piala Dunia telah membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Lihat saja Kroasia. Mereka awalnya tidak diunggulkan tapi mereka bisa menempati runner-up di Piala Dunia. Dan tentu saja di kompetisi ini Kami tidak diunggulkan dan bukan berarti kami tak memiliki kesempatan.”

Perkiraan pemain

Prancis (4-2-3-1); Alphonse Areola; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N’Golo Kante; Blaise Matuidi, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud.
Pelatih: Didier Deschamps

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Kenny Tete, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Georginio Wijnaldum, Kevin Strootman, Justin Kluivert; Memphis Depay, Ryan Babel, Quincy Promes
Pelatih: Ronald Koeman

Lima Pertemuan terakhir

01/09/2017 Kualifikasi Piala Dunia 2018 Prancis vs Belanda 4-0
11/10/2016 Kualifikasi Piala Dunia 2018 Belanda vs Prancis  0-1
26/03/2016 Persahabatan Belanda vs Prancis 2-3
06/03/2014 Persahabatan Prancis vs Belanda 2-0
14/06/2008 Piala Eropa Belanda vs Prancis 4-1