UEFA Umumkan Aturan Baru di Liga Champions Musim Depan

UEFA Umumkan Aturan Baru di Liga Champions Musim Depan

BERN – Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) sudah meluncurkan sembilan point ketentuan baru yang akan diaplikasikan pada Liga Champions musim depan. Beberapa pergantian itu disetujui sesudah UEFA mengadakan pertemuan dengan Dewan FA Internasional (International Football Association Board/IFAB), yang terbagi dalam empat negara serta empat perwakilan FIFA, di Aberdeen, Maret kemarin.

UEFA nanti akan memperkenalkan ketentuan baru ini pada pertandingan final Liga Champions musim ini yang menghadapkan dua team raksasa Liga Inggris, yaitu Tottenham Hotspur vs Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (2/6/2019) pagi hari WIB. Nanti, dua kesebelasan yang berseteru di lapangan hijau cuma diijinkan bawa 12 pemain untuk duduk di bangku cadangan.

Sebelum begitu jauh mengulas tentang ketentuan baru UEFA di Liga Champions musim depan, tidak ada kelirunya untuk mengerti sembilan point itu.

Sembilan Pergantian di Liga Champions Musim Depan:

1. Sepakan Bebas
Team yang sedang ambil sepakan bebas, pemainnya tidak bisa menyelinap dalam pagar betis (defensive walls) yang berisi tiga pemain atau lebih. Pemain yang teamnya sedang ambil sepakan bebas, paling tidak memiliki jarak satu mtr. dari pagar betis.

2. Sepakan Gawang
Sepakan gawang atau sepakan bebas di ruang kotak penalti tidak harus dikerjakan dengan pastikan bola tinggalkan kotak penalti. Tetapi, pemain lawan tidak bisa ada di kotak penalti sebelum bola jadi hidup.

3. Drop ball
Drop Ball atau satu bola dijatuhkan dipakai untuk me-restart permainan sesudah pemberhentian sesaat dalam main sebab terdapatnya pelanggaran tidak hanya pelanggaran. Wasit menjatuhkan bola ke tanah di antara dua pemain lawan. Putar lagi saat menyentuh bola tanah. Di Liga Champions 2019/2020, wasit atau pemain langsung bisa langsung diserahkan ke kiper bila permainan di stop di kotak penalti. Bila laga di stop di luar kotak penalti, karena itu drop ball akan diberi untuk team yang paling akhir menyentuh bola serta beberapa pemain lain harus memiliki jarak empat mtr. dari bola.

Baca Juga : Bangun Los Galacticos Baru, Zidane Siap Pecahkan Rekor Transfer

4. Handball
Gol akan dibatalkan oleh wasit bila pemain cetak gol dengan memakai sisi dari tangannya. Walau itu dikerjakan dengan tidak menyengaja, karena itu itu akan dipandang seperti satu pelanggaran atau handball membuat gol dibatalkan.

5. Sepakan Penalti
Kiper sekarang cuma diijinkan menempatkan satu kakinya di garis saat sepakan dikerjakan. Kiper tidak diperbolehkan menyentuh tiang, gawang, atau jaring sebelum sepakan dikerjakan.

6. Pemain Alternatif
Pemain cadangan harus tinggalkan lapangan di tempat terdekatnya, tidak harus tinggalkan lapangan lewat garis tengah lapangan serta wasit ke empat akan mengendalikan perubahan. Ini diperuntukkan supaya team tidak buang banyaknya waktu.

7. Kartu Merah
Pelatih serta manajer akan terima kartu kuning serta merah bila lakukan pelanggaran. Ketentuan ini sudah diresmikan di arena Piala Liga Inggris musim ini, tetapi belum di Liga Primer.

8. Sepakan Kick Off
Team yang menang tos diawalnya laga akan mengawali sepakan kick off.
Di ketentuan UEFA, diijinkan tempatkan 12 pemainnya untuk duduk di bangku cadangan di laga final.

9. Pengenalan Ketentuan Baru di Pertandingan Final Liga Champions 2018/2019
Ketentuan paling akhir dari sembilan pergantian ketentuan di Liga Champions nanti akan diaplikasikan di final Liga Champions tahun ini. Baik Liverpool atau Tottenham diijinkan bawa 12 pemain mereka untuk duduk di bangku cadangan.