Disambut 20.000 Fans, De Jong Ingin De Ligt Gabung Barcelona

Disambut 20.000 Fans, De Jong Ingin De Ligt Gabung Barcelona

BARCELONA – Perekrutan anyar Barcelona Frenkie de Jong diterima oleh 20.000 fans waktu ia membuat langkah awalnya di Camp Nou, Jumat (5/7/3012) malam waktu lokal. De jong dikenalkan Barcelona enam bulan sesudah menyepakati transfer 75 juta euro (Rp1,1 trilun) dari Ajax Amsterdam.

Dalam presentasinya itu De Jong mengutarakan ingin rekanan senegaranya, Matthijs de Ligt, masuk dengannya di club Catalan itu. “Saya memprediksi pertanyaan ini,” kata De Jong. “Tentunya saya akan suka lihat (De Ligt), tapi itu bukan ketetapan saya, ia harus membuat ketetapan dengan keluarganya serta agennya. Kita akan lihat ke mana ia pergi.”

De Jong serta De Ligt ialah dua bintang perjalanan Ajax ke semi final Liga Champions 2018/2019. Mereka pemain inti di timnas Belanda. De Jong, 22 tahun, berkali-kali mencium lencana pada baju Barcelona-nya waktu ada di lapangan. “Kenakan jersey Barcelona untuk kali pertamanya membuat saya merasakan benar-benar bangga.”

Baca Juga : Gebuk Chile, Peru Lolos ke Final Copa America 2019

Gelandang, yang sudah tanda-tangani kontrak lima tahun, itu menguatkan kedekatan Barcelona dengan sepak bola Belanda yang diawali pada 1973 waktu penandatanganan Johan Cruyff, yang merevolusi club jadi pemain dan jadi pelatih.

“De Jong bawa semangat Cruyff dalam jiwanya. Kami benar-benar bangga jika satu diantara bintang besar sepakbola Belanda sudah putuskan untuk hadir kesini,” kata presiden Barca Josep Maria Bartomeu.

“Kebanyakan orang sudah ikuti De Jong semenjak Januari serta kami sudah temukan di dianya apa yang kami mencari. Beberapa pemain Belanda tetap tinggalkan jejak mereka di sini serta kami mengawali masa baru dengannya,” tambah Bartomeu yang mengaku tahu Matthijs de Ligt akan berlabuh musim depan, tapi tidak ingin membocorkannya.